Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Gen Z Pada Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2024 (Studi Kasus Pemilih Generasi Z Di Universitas Kristen Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap partisipasi politik Gen Z pada Pemilihan Presiden 2024 di Universitas Kristen Indonesia. Latar belakang dari penelitian ini adalah meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan generasi muda serta besarnya proporsi pemilih dari generasi Z pada Pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 98 responden yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan dalam membentuk kesadaran politik dan mempengaruhi bentuk partisipasi politik mahasiswa, seperti menyebarkan informasi politik, berdiskusi di media sosial, hingga memengaruhi keputusan untuk memilih. Platform seperti Instagram, TikTok, dan X menjadi media utama dalam menyampaikan pesan politik yang dikonsumsi oleh Gen Z. Berdasarkan hasil uji statistik, terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan partisipasi politik Gen Z di UKI. Oleh karena itu, media sosial dapat menjadi alat strategis dalam meningkatkan partisipasi politik generasi muda dalam pemilu.
Downloads
References
Andriyendi, Dimaz Oktama, Nurman, S., & Dewi, Susi Fitria. (2022). Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pilkada. Journal of Education, Cultural and Politics, Vol. 3, No. 1.
Al Hindwan, Syarifah Nadya, & Putri, Nora Eka. (2023). Pengaruh Media Sosial terhadap Partisipasi Pemilih Pemula di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang dalam Menghadapi Pilpres 2024. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan, Vol. 3, No. 2.
Ashiddiqi, Muhammad. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa PMII di Kutai Timur. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan.
Anggaraini, Devianti, Ariesta, Aang Wahyu, & Wuryanta, A.G. Eka Wenats. (2022). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pemilihan Umum Presiden RI 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 11, No. 1.
Cahyani, T. (2019). SPSS untuk Analisis Data. Bandung: Alfabeta.
Flaxman, S., Goel, S., & Rao, J. M. (2016). Filter Bubbles, Echo Chambers, and Online News Consumption. New York: Oxford University Press.
Fitria, S.,Juliardi, B., & Rahmat, I. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula pada Pemilu Presiden Tahun 2024. Wawasan Nusantara, Vol. 9, No. 2.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, A. A. (2022). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Julpahmi. (2022). Pengaruh Media Sosial terhadap Partisipasi Politik Generasi Milenial di Aceh Selatan. Wawasan Nusantara, Vol. 9, No. 2.
Landman, T. (2017). Issues and Methods in Comparative Politics: An Introduction. London: Routledge.
McQuail, D. (2015). McQuail’s Mass Communication Theory (6th ed.). London: SAGE Publications.
Sari, E. T. P., Mahmud, T. A., & Prianti, E. N. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, Vol. 7, No. 2.
Turner, G. (2013). Understanding Celebrity. London: SAGE Publications Ltd.
West, R. L., & Turner, L. H. (2011). Introducing Communication Theory: Analysis and Application (4th ed.). New York: McGraw-Hill Education
Aspiras. (2018). Pentingnya Partisipasi Politik dalam Demokrasi Modern. Diakses dari: https://aspiras.id
Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Hasil Sensus Penduduk Tahun 2020. Diakses dari: https://www.bps.go.id
FNISTATISTICS. (2023). Dasar Pengambilan Keputusan Statistik. Diaksesdari: https://fnistatistics.id
Unesa. (2023). 56,45% Pemilih Pemilu 2024 Didominasi Milenial dan Gen Z. Diakses dari: https://www.unesa.ac.id
UKI. (2021). Visi & Misi. Diakses dari: https://uki.ac.id/page/index/visi-misi-20210926
Copyright (c) 2025 Paulina Kurniawati Fau

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-Non Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.


